Tentang ilmu komputer

RSS


YANG MENARIK DIEKSTRA  “ ROBOTIK “
Ekstrakurikuler robotik memang masih tergolong langka. Hal ini dikarenakan peserta didik beranggapan bahwa pembuatan robot ini tergolong rumit.  Namun, berbeda dengan SMK Negeri 2 Demak yang mayoritas peserta didiknya adalah laki-laki dan didukung oleh pelajaran jurusan Teknik Audio Video yang mengajarkan elektronika dasar. Sehingga SMK Negeri 2 Demak  mengadakan ekstrakurikuler robotic sebagai pengetahuan tambahan bagi peserta didiknya.
Materi yang diajarkan pada ekstra ini adalah dasar-dasar elektronika, dasar-dasar digital, dasar-dasar mekanik, dan dasar-dasar pemprograman. Selama hampir satu tahun ini kami sudah membuat 2 buah robot, yaitu “Line Follower” atau robot pendeteksi garis. Robot yang kedua masih berjenis “Line Follower” namun berbeda ukuran dan jumlah sensornya. “Line Follower” yang kedua ini lebih cepat dan lebih besar dari “Line Follower” yang pertama. Dalam waktu dekat ini, kami juga akan menciptakan  “ Robot Pengantar Makanan dan Minuman/ Robot Pelayan.
Banyak manfaat dari kegiatan ini diantaranya yaitu untuk mengembangkan daya kreativitas dan inovatif peserta didik serta untuk  menambah wawasan peserta didik tentang dunia robot. Hal yang terpenting dalam mengikuti ekstra ini adalah ketekunan dan keuletan seperti yang dikatakan oleh pembimbing ekstra Robotik yaitu Bapak Ridwan Syamsu, S.Pd yang menuturkan bahwa “Membuat robot sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan tetapi jika kita tekun dan mempunyai kemauan yang keras, maka kita pasti bisa membuatnya.” Dan untuk pesertanya diharapkan bagi peserta didik yang sudah memiliki basic dasar-dasar elektronika di karenakan mudah dalam pengajaranya. (Ahmad Yani & Fadli Liyas)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar